Cantik Dengan Softlens

Berkacamata bukanlah impian semua wanita, namun kondisi mata yang mengalami miopi maupun hipermiopi menjadikan sebagian wanita di dunia membutuhkan kacamata untuk membantu penglihatan. Sebagian wanita menikmati “teman” yang senantiasa nongkrong diatas batang hidung, namun tidak sedikit yang merasa terganggu dengan keberadaan kacamata diatas batang hidung. Sebagian lagi menganggap kacamata sebagai penolong, tidak saja untuk penglihatan melainkan untuk menyempurnakan penampilan. Namun tidak sedikit yang merasa dengan kacamata wanita terlihat kuno dan enggak gaul. Nah sebagian wanita yang disebutkan terakhir memilih satu alat yang dianggap lebih modern dan praktis, terutama bagi mereka yang berkategori sebagai “pelupa”. Lensa Kontak atau yang dikenal dengan sebutan softlens menjadi pilihan bagi wanita yang ingin tampil lebih modis.

Rame-rame para wanita pun mencoba untuk membeli lensa kontak dengan pilihan warna sesuai selera masing-masing. Pilihan warna bening biasanya dipakai oleh wanita yang tidak ingin terlalu mencolok dalam hal ber-fashion. Sebagian lagi wanita memilih soflens aneka warna dan motif untuk lebih mengglamourkan penampilan.

Softlens memang dapat menunjang penampilan, tetapi bila tidak dirawat secara teratur softlens pun ternyata dapat mengganggu kesehatan mata. Sah-sah saja wanita bergaya dalam tampilan kesehariannya dan selama patuh dalam penggunaan, masalah softlens bukanlah menjadi hal besar, namun demikian kurang paham, kurang higienis dan kurang patuhnya pemakai softlens menjadi penyebab timbulnya masalah besar yakni kerusakan mata seperti iritasi, infeksi bahkan sampai pada kebutaan.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah pada lensa kontak antara lain :

  1. Ikuti instruksi dalam membersihkan lensa kontak dengan teliti untuk mencegah terjadinya infeksi pada mata.
  2. Cuci tangan hingga bersih dan kering sebelum memegang softlens
  3. Tetap menjaga kebersihan tempat softlens, jangan pernah menggunakan air mentah biasa untuk menyimpan softlens.
  4. Soflens jangan digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dari yang ditentukan oleh pabrik, untuk mengurangi risiko infeksi.
  5. Melepaskan softlens saat tidur, karena jika tidak softlens akan kering serta menempel pada mata dan ini berbahaya.
  6. Selalu membawa tempat lensa kontak yang berisi cairan khusus dan botol tetes cairan lensa kontak untuk melembabkan mata jika ada keadaan darurat
  7. Mengganti lensa kontak sesuai dengan jangka waktunya
  8. Gunakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan make up pada mata untuk mencegah make up masuk ke lensa.
  9. Ganti make up khusus mata seperti eye shadow  setiap 3 sampai 6 bulan untuk mengurangi risiko infeksi
  10. Sediakan obat tetes mata bersifat steril, terutama yang ditujukan untuk mata yang sakit, luka, atau setelah operasi, tetes mata yang berupa larutan haruslah jernih, dan tetes mata yang berupa suspensi, bahan yang tidak larut haruslah sangat halus, hal ini dimaksudkan untuk pengobatan pertama bila terjadi gangguan pada mata serta mengurangi rangsangan terhadap mata sehingga air mata tidak banyak keluar

Apabila semua hal diatas sudah dilakukan namun saat menggunakan lensa kontak masih merasa tidak nyaman, timbul kemerahan atau penglihatan menjadi berbayang, maka segera lepas lensa kontak tersebut. Dan jika gejala ini masih terus berlangsung beberapa jam setelah lensa kontak dilepas, berilah obat tetes mata yang mengandung obat dengan efek terapi: antiperadangan, antimikroba, miotik (menyempitkan pupil mata), midriatika (melebarkan pupil mata), dan anestesi (bius) lokal, serta dapat digunakan untuk diagnosis.

So… jangan takut untuk memakai softlens, asal aturan pemakaiannya dipatuhi. Biar terlihat lebih indah mata juga perlu diberi perawatan seperti tulisan sebelumnya “Mata Indah Alamiah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: