Depresi? ini cara mengatasinya…

Menghadapi masalah berat membuat jiwa mengalami depresi


Depresi adalah merupakan salah satu gangguan alam perasaan yang ditandai dengan perasaan sedih yang berlebihan, murung, tidak bersemangat, merasa tidak berharga, merasa kosong, dan tidak ada harapan, berpusat pada kegagalan dan menuduh diri, dan sering disertai iri dan pikiran bunuh diri, seseorang tidak berminat untuk menjadi sembuh. Berbagai cara dilakukan penderita untuk mengakhiri segala hal yang membuatnya tak nyaman misalnya dengan cara menenggak minuman beralkohol dan mengkonsumsi psikotropika. Lain halnya dengan keluarga penderita, jika ada salah satu anggota keluarganya mengalami depresi, tentu sangat ingin dan penting untuk mendapatkan perawatan secara profesional. Tapi ada hal yang dapat bisa dilakukan untuk meredakan gejala depresi, seperti berolahraga, mengubah diet, bahkan bermain dengan hewan peliharaan dapat memperbaiki mood penderita depresi.

Dibawah ini ada 12 tips mengatasi depresi :
1. Membicarakan masalah pemicu depresi dengan orang terpercaya
Masalah yang muncul bukan sesuatu yang harus diabaikan melainkan harus dicari solusi yang terbaik. Hanya kepada orang terpercayalah sebaiknya masalah didiskusikan agar mendapat penyelesaian yang baik.
Bicarakan hal ini secara baik dengan orang terpercaya misalnya pendamping hidup, orang tua maupun sahabat anda agar hasil yang dicapai melegakan semua pihak.

2. Bermain dengan hewan peliharaan.

Bermain bersama binatang kesayangan mengurangi stress


Terkadang hewan peliharaan benar-benar dapat menjadi teman terbaik bahkan bisa menjadi terapi yang baik. Karena disaat Anda bermain dengan hewan peliharaan, maka Anda dapat melupakan semua masalah Anda.

3. Mengatur pola makan

Meskipun tidak ada diet khusus untuk mengatasi depresi, toh, diet sehat tetap bisa menjadi bagian dari rencana perawatan keseluruhan. Membangun pola makan dengan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan emosional.

4. Pilih makanan untuk meningkatkan mood Anda
Beberapa penelitian menunjukkan asam lemak omega-3 dan vitamin B12 dapat mengurangi perubahan mood yang merupakan bagian dari depresi. Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan mackerel mengandung omega-3 asam lemak. Seafood dan produk susu rendah lemak adalah sumber vitamin B12. Sedangkan vegetarian yang tidak makan daging atau ikan bisa mendapatkan B12 pada sereal, produk susu, dan suplemen.

5. Cobalah karbohidrat rendah lemak

Serotonin adalah bahan kimia otak yang meningkatkan rasa kesejahteraan. Karbohidrat meningkatkan tingkat serotonin dalam otak Anda. Karbohidrat rendah lemak seperti popcorn, kentang panggang, biskuit, atau pasta pilihan, sayuran, buah, dan gandum pilihan juga menyediakan serat, adalah pilihan yang tepat.

6. Kurangi minum kafein untuk meningkatkan mood

Kecemasan dapat menyertai depresi. Terlalu banyak kafein dapat membuat Anda gugup, gelisah, atau cemas. Jadi kurangi kebiasaan minum soda, kopi, teh, dan cokelat yang dapat membuat perbedaan dalam suasana hati Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda tidur lebih baik di malam hari.

7. Rajin periksa ke dokter untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental

Perasaan depresi dapat dikaitkan dengan rasa sakit secara fisik. Pergilah ke dokter untuk mendapatkan konsultasi yang tepat mengatasi masalah rasa sakit anda.

8. Tempat mengadu yang terbaik adalah Tuhan

Sebagai individu yang beragama, tempat terbaik untuk melepaskan segala beban adalah Tuhan. Lakukanlah doa untuk kebaikan hidup karena jalan ini adalah pilihan yang terbaik.

9. Berolahraga

Bagi beberapa orang, olahraga sangat baik sebagai antidepresan. Dan Anda tidak perlu lari maraton, cukup berjalan-jalan dengan seorang teman. Dengan berjalannya waktu, olahraga dapat meningkatkan aktivitas Anda pada hari-hari berikutnya. Anda akan merasa lebih baik secara fisik, tidur lebih nyenyak, dan memperbaiki suasana hati Anda.

10. Pilih latihan Anda

Jika Anda tidak ingin olahraga yang berat, Anda bisa memilih olahraga yang sedikit santai, misalnya bermain golf, naik sepeda, bekerja di kebun Anda, bermain tenis, atau berenang. Yang penting adalah untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai.

11. Latihan dengan dukungan lainnya

Tetap terhubung dengan orang lain membantu mengatasi kelesuan, kelelahan, dan kesepian. Bergabunglah dengan kelompok olahraga atau latihan dengan teman, dan Anda akan memiliki dukungan untuk membantu Anda tetap di jalur!

12. Lakukan kreativitas Anda

Melukis, fotografi, bermusik, merajut, atau menulis semua adalah cara orang menjelajahi perasaan mereka dan mengekspresikan apa yang ada di pikiran mereka. Menjadi kreatif dapat membantu Anda merasa lebih baik. Tujuannya bukan untuk menciptakan sebuah mahakarya. Lakukan sesuatu yang memberi Anda kesenangan. Ini dapat membantu Anda lebih memahami siapa Anda dan bagaimana Anda merasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: